Beranda » Blog » Jenis sampah rumah tangga yang sering ditemukan

Jenis sampah rumah tangga yang sering ditemukan

  • oleh

Tempat sampah plastik menjadi wadah dalam mengelola sampah. Pengelolaan sampah semakin hari menjadi semakin penting. Sampah juga dapat menyebabkan penyakit, merusak ekosistem, bahkan turut mendatangkan bencana seperti banjir. Selain itu, sampah juga membuat kita kesulitan mendapatkan udara (oksigen) yang bersih jika bumi kita masih tertutup sampah. Maka dari itu, butuh kesadaran diri masing-masing untuk menangani dan mengelola sampah-sampah yang berada di sekitar kita. Salah satu langkah utama yang bisa kita lakukan dalam pengelolaan sampah adalah sorting atau pemilahan yang ada di rumah kita.

Memilah sampah memang harus disesuaikan dengan kebiasaan sehari-hari. Jenis sampah seperti apa saja yang dipilah, kotak pilah yang sesuai dengan keadaan di rumah, dan kemana saluran yang tepat. Meski terkesan ribet, tapi setelah kita konsisten,  kegiatan memilah sampah ini justru akan memudahkan dan menyederhanakan hidup kita. Bisa memulai dengan hal-hal sederhana seperti memisahkan jenis sampah yang ada dirumah. Kita tentu sudah tak asing kan dengan jenis-jenis sampah? Ada sampah organik dan anorganik. Lalu apa sih bedanya?

tempat sampah plastik

Sampah Organik

Sampah Organik adalah barang yang sudah tidak terpakai dan dibuang oleh pemilik atau pemakai sebelumnya. Sampah organik masih bisa dipakai jika dikelola dengan prosedur yang benar. Sebesar 95 % sampah organik dapat dihasilkan dari pasar khusus seperti pasar sayur mayur, pasar buah, atau pasar ikan. Selain dari pasar khusus, 75 persen sampah organik berasal dari daerah pemukiman masyarakat. Sampah organik mencakup sampah-sampah alami seperti tulang belulang, atau sisa makanan lain, serta dedaunan, ranting pohon, kulit buah, dan sayuran yang belum dimasak seperti daun bawang, seledri, pakcoy, dan kangkung. Sampah organic sangat mudah terurai secara alamiah / biologis, selain itu sampah organik juga dapat bermanfaat untuk bahan pembuatan pupuk kompos.

Sampah Anorganik

Sampah anorganik adalah sampah yang dihasilkan dari bahan-bahan non-hayati, baik berupa produk sintetik maupun hasil proses teknologi pengolahan bahan tambang. Sampah anorganik dihasilkan dari bahan-bahan non hayati baik berupa produk sinterik maupun hasil proses teknologi pengelolahan bahan tambang atau sumber daya alam dan tidak dapat diuraikan oleh alam. Proses memilah sampah anorganik ini agar proses recycle yang dilakukan selanjutnya oleh pengelola menjadi lebih mudah. Dengan memilah dari rumah, kita akan banyak mempermudah pekerjaan banyak orang, seperti pemulung, pelapak, petugas kebersihan dan mereka yg terkait.

Sekian artikel yang menjelaskan jenis sampah rumah tangga, pilih lah tempat sampah plastik yang berkualitas dan dapat mempercantik rumah Anda. Bila anda tertarik dengan koleksi produk Tempat Sampah Plastik dari Susan, segera hubungi Customer Service kami dengan Klik Link dibawah ini :

Whatsapp : 0818-861-999

Email : [email protected]